Sabtu, 12 Januari 2013

MALAM MINGGU DI PENGAJIAN

Malam minggu ane sedikit berbeda dengan ente semua, karena apa, yah berbeda lah, kalau ente-ente mungkin ada yang malam mingguan jalan atau pergi ke rumah nya pacar, yah intinya pasti ketemu pacar ! dan ada juga yang ngumpul-ngumpul gak jelas gitu, dan ada juga yang nulis blog atau stalking twitter nya orang, seperti ente yang lagi baca ini hahaha.

Malam minggu ane berbeda dengan ente semua cuy, sebelum nya ane mau bilang, di tulisan ane kali ini kagak ada maksud ane buat sombong atau riya, ane cuman mau cerita saja, tapi yang jelas kagak ada niatan untuk sombong atau riya dari ane, ane kalau sore sabtu kira-kira jam 16.30 atau tepatnya setelah sholat ashar ane sudah berangkat dari rumah menuju mesjid jami Jl. Sei. Jingah Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kesana ane mau belajar sama salah satu ulama kharismatik Banjarmasin, yaitu KH. Zuhdiannor atau biasa kami sebut guru Zuhdi, jadi setiap malam minggu di situ ada pengajian dari beliau, sebenarnya kagak malam minggu aja, setiap malam kamis,jumat dan sabtu juga ada, tetapi pengajiannya di tempat berbeda.

Acara nya itu setelah sholat magrib berjamah sampai selesai sholat isya baru pada pulang…. Nah pasti ente-ente bertanya kenapa ane jadi datangnya setelah sholat ashar, sedangkan acara nya setelah sholat magrib.

Mau tau kan ?
Mau tau aja ?
Atau mau tau banget ?

yaudah maaf ane sedikit alay, karena apa,,, karena ane mau letakin sejadah disana, di barisan paling depan, jadi ane sengaja datangnya duluan. hehehe
lagian di sana waktu sore ane biasa nongkrong di warung nya mama opek (sebutan dari ane) tapi sekarang ane sudah berpindah haluan ka warung yang tanpa nama, atau warung yang tidak di ketahui identitasnya, atau juga bisa di sebut warung hamba Allah. Warung yang letaknya di belakang mesjid, biasa lah sama seperti kayak di warung yang dulu, saya di warung itu makan buras, buras itu apa yah bahasa Indonesia nya, dari pada bingung nih ada fotonya



dan seperti biasa minumnya teh hangat, sambil ngobrol-ngobrol, bunyi mengaji di sound mesjid sudah berbunyi, menandakan kalau hari sudah menunjukan pukul 18.00, ane dan kawan-kawan pun segera ke mesjid, ya engga lah, kamir bayar belanjaan kami dulu baru kami pergi ngambil air wudhu, dan setelah itu duduk khusu di dalam mesjid, ada cerita yang menjengkel kan, yaitu dimana sejadah yang ane letakin di paling depan itu pernah di isi sama seorang kakek-kakek… yah mungkin karena yang nyerobot atau ngisi sejadah ane sembarangan itu kakek-kakek jadi ane ikhlasin, kagak enak ane negur nya, dan mungkin itu udah rezeki si kakek, salah ane juga sih kelamaan di warung nya hehehehe.

Setelah sholat magrib, lalu melakukan sholat hajat berjamaah, setelah itu bertasmiyah atau memberikan nama untuk anak-anak yang di bawa ke situ.. lalu satu buah syair maulid di bawakan oleh penyair, setelah selesai syair di baca kan lalu sang guru memulai membuka kitab menandakan pengajian segera di mulai… kitab yang di bacakan beliau yaitu kitab Hidayatus Salikin, dimana kitab itu adalah kitab yang di terjemahkan oleh Syekh Abdussamad Al-Palimbani ke bahasa melayu karena asalnya kitab itu berbahasa arab yang di karang ole Syekh Miuhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al-Gazali atau biasa kita sebut Imam Gazali.

Nah ini foto kitab yang biasa ane bawa ke mesjid itu di saat malam minggu.




Segitu aja dulu tulisan dari ane kali ini, terimakasih atas kunjungungannya, dan kalau ada salah khilaf mohon di maaf kan, wallahu muafik, illa aqwamittoriq, assalamualaikum. wr. wb
















31 komentar:

diniehz mengatakan...

wa'alaikumsalam warrohmatullahi wa barakatuh..

Maasya Allah, lelaki idaman para mertua nih.. saat sebagian besar ABG memilih malmingan dengan 'ngukur jalan' dan ngabis2in bensin muter2 jalanan, kamunya mengisi malam ahad dengan mengaji.. lanjutkan!

Muhammad Fahrozi mengatakan...

buras?
kok gue gak pernah denger ya
tapi keknya enak tuh makanan

Chopya Myrgh Kerenza Sumino mengatakan...

Kalo di t4Q makanan kyak gitu tuh namaNy burasa...
Tapi mengajiNy ini rutin tiap mlam minggu atw cuma sekali aja pas minggu itu??:

Lina Setya mengatakan...

Salam kenal. Kitabnya keren. *nyengir :D

ahmad muazim abidin mengatakan...

waalaikum salam wr.wb... kalo gua malem minggu enggak mengaji :(
jarang banget malem2 ngaji...

Catur T. H. Muharrom mengatakan...

buras itu terbuat dari apa ya? apa dari beras? terus dinamai buras? #nggaknyambung

Shabria Akib mengatakan...

buras tu kyk lontong,, drmhq klo lebaran nyediainnya buras,, tp rasanya beda ama lontong,, buras lebih enak,, hehehee..

permaisuri mengatakan...

subhanallah..
btw,kirain makannya gratisan..heheheee

Bayu P Abuna mengatakan...

ya... ada buras ternyata, lo bikin buras jadi terkenal za

ternyata lo blogger religius juga :)

Amira Rachmatillah mengatakan...

sesuatu

Edotz Herjunot mengatakan...

gue baru denger tuh buras ..
kayaknya enak juga ..
*mahasiswa liat makanan apa aja pasti keliatan enak*

Nur Aini NS mengatakan...

aku pernah debat sama temen aku tentang buras :D
ternyata kayak gitu toh, aslinya :D

Moti Peacemaker mengatakan...

eheheheheheheh.,,,.,.,ini yang keren,,,,,ngaji terus mas bro

Erny Binsa mengatakan...

Buras itu makanan jenis apa, Bang? pengen cobain.

Ciyee... sekali-kali isi pengajian di BE dong.. :D

idean mengatakan...

buras itu lontong... ^^

idean mengatakan...

buras pake sambel kacang itu mantap ... ^^

Riza Aprianoor mengatakan...

amin, amin :)
ane gak suka yang kayak gituan, hehehe

Riza Aprianoor mengatakan...

buras beda sama lontong,,, walau bahannya sama,,,, kalau lontong itu panjang kalau buras itu seperti dompet kita bentuknya hehehe

Riza Aprianoor mengatakan...

emang ente anak mana ?
pengajiannya rutin..

Riza Aprianoor mengatakan...

kitabnya yang keren atau ane nih yg keren :D

Riza Aprianoor mengatakan...

bukan ngaji al-quran... ini sejenis majlis ta'lim

Riza Aprianoor mengatakan...

buras itu bahan dasarnya beras... hehehe enak loh

Riza Aprianoor mengatakan...

karena buras itu pake sambal kacang hehe

Riza Aprianoor mengatakan...

walhamdulillah :)
ya engga lah, itu makan di warung

Riza Aprianoor mengatakan...

ya dong, salah satu makanan khas banjar ini :D

amin, insyaallah bang

Riza Aprianoor mengatakan...

syahrini dong

Riza Aprianoor mengatakan...

iya beneran enak bang... nanti deh ane kirimin buat ente... tapi fotonya doang hahaha

Riza Aprianoor mengatakan...

terus perdebatannya siapa yang menang :D

Riza Aprianoor mengatakan...

wokehh

Riza Aprianoor mengatakan...

sejenis lontong tapi bentuknya kota seperti dompet... da di sajikan dengan siraman sambal kacang hehe

Riza Aprianoor mengatakan...

pasti mantap... makanan khas banjar ini

Posting Komentar